Macamaster Story: Leni dan Sidik dari Sobat Ngemil

Seperti yang sudah ditulis dalam artikel ini, mimin MacaMaca baru saja berkunjung ke Toko Sobat Ngemil (baca liputan ke Sobat Ngemil di sini). Nah kebetulan ketika mimin main ke sana, founder Sobat Ngemil yaitu Leni (@lenidisini )dan Sidik (@sidicx )ada di sana. Mereka adalah pasangan suami istri yang merintis bisnis SobatNgemil sejak tahun 2011. Simak liputan wawancara antara Macamaca dan Sobat Ngemil!

Mengenai Sobat Ngemil

Keluarga Sobat Ngemil: Sidik, Leni and their cute angel Hani

Ceritakan dong kenapa akhirnya membuat Toko Sobat Ngemil

Leni: Awalnya karena kita berdua doyan ngemil. Terus kepikiran kenapa ga sekalian kita jualan aja. Turning point-nya adalah saat menonton acara “Bosan jadi Pegawai” tentang keripik Karuhun, akhirnya kita mulai coba kontak dan jualan. Awalnya deg-degan juga khawatir tidak laku, eh Alhamdulillah ternyata laku. Nah dari situ keterusan.

Sidik: Mau nambahin aja, dulu sebelumnya kita juga sempat jualan cemilan bal-balan kemudian kita pack dan jual kembali. Untungnya lumayan tapi capek banget apalagi waktu Leni masih full time kerja sebagai programmer. Sekarang fokus kita untuk membantu memasarkan cemilan buatan UMKM nusantara lewat brand Sobat Ngemil.

Mungkin bisa ceritakan Harapan Sobat Ngemil Ke Depannya

Leni dan Sidik: Untuk saat ini, harapannya adalah untuk menjadi toko cemilan paling nge-hits se kota Depok dan bisa buka cabang selanjutnya.

Namun ke depannya, sebenarnya kita punya visi jangka panjang. Kita ingin menjadi minimarket snack seperti Seven Eleven, namun kita tidak menjual produk produk umum yang ada di pasaran, kita ingin toko kita isinya cemilan UMKM Indonesia yang unik unik. Tujuannya, tentu saja untuk membantu mereka berkembang bersama, di mana kita membuka sistem konsinyansi dan akan kita bantu promosi.

Impiannya sih, kita ingin memiliki satu area Toko Sobat Ngemil juga dilengkapi dengan kafe yang menjual cemilan-cemilan basah seperti kue-kue basah. Di situ kita juga akan menyiapkan space untuk pedagang cemilan khas Indonesia untuk berjualan di sana seperti kue rangi, serta minuman Indonesia yang unik. Jadi semacam one stop shopping di mana kita bisa makan cemilan basah di kafe, beli cemilan kemasan di toko sekaligus menikmati cemilan langsung dari craftman-nya yaitu pedagang kecil yang bekerjasama dengan Sobat Ngemil

Mengenai MacaMaca

Gimana sih bisa kenal produkMacaMaca sampai akhirnya memutuskan menjadi Macamaster MacaMaca?

Leni: Awalnya Sidik yang mengenalkan MacaMaca setelah membeli dari toko lain. Sidik suka banget dengan MacaMaca, akhirnya aku penasaran dan add Pin BBnya. Akhirnya setelah tanya-tanya persyaratan menjadi agen, kita jadi deh Macamaster area Depok. Jujur aja pertama kali aku coba MacaMaca sebenarnya kurang begitu suka karena waktu itu aku coba level 0 yang sama sekali tidak pedas, mungkin karena beda selera ya. Eh alhamdulillah sekarang MacaMaca menjadi produk Best Seller Sobat Ngemil dan terus dicari, jadi tidak menyesal dengan keputusan menjadi Macamaster, hehe

Alhamdulillah ya MacaMaca menjadi produk Best Seller Sobat Ngemil. Kalau boleh tahu menurut Leni dan Sidik apa yang menyebabkan MacaMaca menjadi produk Best Seller di Sobat Ngemil?

Leni: Simpel aja, karena rasanya enak dan harganya pas di kantong. Dan adanya varian Chibi Pack sangat membantu penjualan. Soalnya orang orang suka tidak mau keluar uang banyak untuk membeli cemilan dalam jumlah besar, padahal kalau dihitung-hitung justru lebih untung kalau beli varian 250 gr.

Sidik: Bener banget! Aku juga jual chibi pack di kantor, cukup taruh Chibi pack dan kotak uang di meja kantor, jadi sistem jualannya seperti “kantin kejujuran” di SD. Ga butuh waktu lama MacaMaca langsung abis tuh.

Mimin’s note: Naaah, buat calon Macapreneur cara jualan Sidik bisa ditiru tuh!

Ada saran untuk improvement MacaMaca ke depannya?

Leni dan Sidik: Tambahkan varian rasa, terutama rasa-rasa yang popular seperti Spicy chicken atau BBQ. Kalau bisa sih bentuknya jangan bentuk spiral terus, bentuk bentuk pasta unik seperti yang dijual saat jajanan SD juga bisa untuk nilai tambah. Oh ya untuk Mie Lidi kalau bisa luncurkan juga varian Mie Lidi chibi yang lebih ekonomis.

—-

Yak, itulah liputan wawancara antara Mimin Macamaca dan Founder dari SobatNgemil. Untuk bertanya-tanya mengenai program Macapreneur, atau mencoba produk MacaMaca khususnya bagi yang berdomisili di kota Depok bisa langsung mengontak Sobat Ngemil di:

Jln Akses UI No. 57 Kelapa Dua Depok.

Pin BB 21b289e4

SMS 087888745284

 

Writenn by: Nadia (MacaMaca snack Mimin and Founder)